Jumat, 01 November 2013

Kajian Tipografi

Einstein Typography
Kajian Tipografi
Sobat Cerdas saat ini tipografi telah mengalami perkembangan dari fase pembuatan dengan tangan (hand drawn) hingga kini menjadi terkomputerisasi.

Nah di Fase komputerisasi ini membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah & membutuhkan waktu yang relatif lebih cepat serta efisien dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.

Karena didalam sistem komputer telah terdapat sebuah folder yang dikhususkan untuk menyimpan atau menginstal jenis-jenis huruf. Suatu waktu jika kita membutuhkan jenis huruf yang ingin digunakan cukup memanggilnya melalui aplikasi desain seperti photoshop, freehand, coreldraw atau aplikasi lain yaitu aplikasi pengolah kata seperti microsoft word ataupun open office yang telah terinstal di komputer sobat cerdas.

Berikut ini beberapa jenis huruf berdasarkan klasifikasi yang dilakukan oleh James Craig, antara lain:

1. Roman
Ciri yang perlu sobat cerdas ketahui dari huruf ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki ketebalan & ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Jadi Sobat Cerdas kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai & feminin.
Font jenis Roman
2. Egyptian
Adalah jenis huruf yang memiliki ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Jadi Sobat Cerdas kesan yang ditimbulakn adalah kokoh, kuat, kekar & stabil.
Font jenis Egyptian
3. Sans Serif
Pengertian San Serif adalah tanpa sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya & memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Jadi Sobat Cerdas kesan yang ingin ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer & efisien.
Font jenis Sans Serif
4. Script
Huruf Script menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam & biasanya miring ke kanan. Jadi Sobat Cerdas kesan yang ditimbulkannya adalah sifat pribadi & akrab.
Font jenis Script
5. Miscellaneous
Huruf jenis ini merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan & ornamen, atau garis-garis dekoratif. Jadi Sobat Cerdas kesan yang dimiliki adalah dekoratif & ornamental.
Font jenis miscellaneous
Pembahasan mengenai Tipografi saya rasa cukup sampai disini, tetap semangat & teruslah berkarya! Salam Sobat Cerdas!

0 comments:

Posting Komentar