Rabu, 06 November 2013

Chino Pants History

Bagi Sobat Cerdas yang ingin tau seputar Chino Pants, baca ini dulu yuukk.. buat nambah pengetahuan aja. 

SEJARAH CHINO PANTS
Chino sebenarnya adalah sebutan untuk pakain dari kain jenis twill, yang awalnya terbuat dari katun 100%. Jenis pakaian yang paling umum terbuat dari bahan tersebut adalah celana panjang, yang kemudian secara luas disebut chinos. Bahkan sekarang ada juga yang terbuat dari campuran katun - sintetis, Sobat.

Dikembangkan pada pertengahan abad ke-19 untuk seragam militer Inggris dan Perancis kemudian dipakai luas juga untuk pakaian sipil. CHINO PANTS sendiri mulai populer di Amerika Serikat Sobat Cerdas ketika veteran Perang Spanyol-Amerika kembali dari Filipina dengan celana twill militer mereka.

Istilah Chino sendiri masih jadi perdebatan. Beberapa sumber mengidentifikasi bahwa istilah ini berasal dari salah satu kata dalam bahasa Spanyol Amerika "chino" yang apabila diterjemahkan secara harfiah berarti "panggang". Sebutan ini mewakili warna kain tersebut yaitu coklat seperti roti panggang, Sobat Cerdas. Namun dalam bahasa Spanyol kontemporer, istilah"chino" secara luas berarti "Cina" atau "yang berasal dari Cina." Karena kain itu sendiri awalnya diproduksi di Cina.
Chino Pants Klasik
Pertama kali didesain untuk digunakan dalam militer kemudian digunakan juga oleh warga sipil. Kain chino awalnya dibuat agar terlihat sederhana, dipakai di medan yang "keras" namun tetap nyaman dipakai oleh tentara. Penggunaan warna "tanah" dan warna "alami bumi" lainnya juga bertujuan sebagai kamuflase. Oh iya perlu Sobat Cerdas ketahui Chino Pants digunakan oleh Tentara Inggris yang kemudian disusul oleh Tentara Amerika mulai memakainya sebagai standar pada paruh kedua tahun 1800.

Kain berbahan katun murni ini kemudian digunakan secara luas untuk bahan baku celana panjang, dan orang-orang menyebutnya chinos atau CHINO PANTS Sobat Cerdas. CHINO PANTS saat ini sangat populer bukan hanya sebagai kebutuhan fashion belaka, tetapi juga karena kenyamanan dan kepraktisannya untuk dipakai sehari-hari semua orang dari remaja sampai dewasa.

Perkembangan Model Chino Pants
Mengingat dari sejarah chino pants yang pertama kali digunakan untuk kegiatan militer dan kemudian masyarakat sipil pun menggunakannya. Chino pants pada awalnya merupakan celana formal yang digunakan untuk tujuan dinas nih Sobat Cerdas.

Hampir menyerupai chino pants saat ini yang semi formal dengan gaya casual yang dapat dipakai untuk tujuan dinas seperti pergi ke kantor atau untuk sekedar pergi hang out, atau mungkin anak muda jaman sekarang menggunakannya untuk pergi ke kampus.

Selain memberikan kesan rapih pada penggunanya, chino pants juga sangat nyaman digunakan dibandingkan dengan celana jeans yang cenderung berat dan terkadang agak panas pada saat digunakan Sobat Cerdas.

Chino pants yang sedang trend disaat ini merupakan chino pants yang penampilannya sudah diperbaharui, tetapi ciri khasnya tetap melekat pada chino pants saat ini, yaitu saku bagian belakang dengan model jetted pocket atau welt pocket yang biasanya kita sebut dengan saku bobok.

Gambar Saku Bagian Belakang Chino Pants

Model original chino pants merupakan standart fit, tetapi sekarang chino pants hadir dengan tiga model potongan yaitu:
1. Reguler Fit : pas dibagian pinggul dan longgar dibagian kaki. 
2. Slim Fit : pas dibagian pinggul dan paha.
3. Skinny Fit : pas membentuk dari paha hingga kaki.
Model original chino pants hanya terdapat warna khaki, maka dari itu chino pants juga disebut dengan khakis pants begitulah 'Giordano', 'GAP', dan 'Old Navy' memberikan nama pada chino pants mereka dengan sebutan khakis pants.

Sekarang chino pants hadir dengan berbagai warna dari warna-warna natural seperti navy blue, khaki, olive, off white, hingga warna-warna meriah seperti tosca, red, sun flower, purple, dan warna-warna lainnya. Beberapa aksen diberikan juga untuk menambah kesan casual pada chino pants saat ini seperti penambahan rivet, veterband, bahan saku kotak atau penambahan aksesoris lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan Sobat Cerdas mengenai dunia per chino an :)

Oh iya di web ini ada juga loh pengusaha muda yang nyentrik memasang iklan untuk promo chino pants nya. Mau coba untuk bertransaksi dengan penjualnya langsung nih ane kasih link nya gan http://www.cerdasbersahaja.com/2013/11/chino-pants.html disitu ada contact personnya juga loh :) Semoga membantu! Salam Sobat Cerdas!


0 comments:

Posting Komentar