Senin, 09 September 2013

Memilih Kamera DSLR Yang Tepat!

OK Sobat, kali ini saya sedikit akan berbagi ilmu tentang dunia fotografi. Diawali dengan mengulas kamera DSLR. Mengapa kamera DSLR? Sebelum saya jawab, perlu kita ketahui bersama kamera digital tidak hanya hadir dalam satu jenis saja. Ada jenis kamera prosumer, jenis kamera saku (pocket) dan kamera DSLR (Untuk para profesional).
Jadi jika kamu ingin mendapatkan kualitas foto dengan hasil kualitas tinggi, ingin setara dengan para fotografer profesional dan menjadi handal maka gunakanlah kamera DSLR! Sebegitu memukaukah kamera DSLR itu? Tentu saja jawabnya iya!
OK Sobat kita mulai dengan...
Mengenal Dasar-Dasar Kamera Digital
Ketika hendak memilih kamera digital, sering kali kita selalu meminta masukkan kepada kerabat terdekat atau mungkin teman-teman sekantor kita... dan nasehat yang paling sering diberikan adalah "Cari aja yang megapixelnya besar mas bro! Dijamin dah hasilnya bagus!" atau "Cari yang optikal Zoomnya paling besar Cuy! Kaya punya gue nih bisa 40x Zoom" dan lain sebagainya... (betul kan Sobat...).

Nasehat-nasehat seperti diatas jelas kurang bertanggung jawab & bahkan bisa di katakan menjerumuskan Sobat. Karena jawaban yang paling tepat jika kita hendak membeli kamera digital seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan kita Sobat sebagai pemakai kamera tersebut. Untuk mengerti kamera mana yang paling cocok & sesuai dengan kebutuhan, maka mau tidak mau, sedikit banyak Sobat harus memiliki pengetahuan tentang fitur-fitur yang ada pada kamera digital, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas gambar.


Disini akan saya jelaskan secara garis besar, dimulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas gambar, fungsi-fungsi dari beberapa spesifikasi kamera, dan fitur-fitur yang dirasa perlu untuk dipertimbangkan.



1. Sensor
Sensor merupakan salah satu komponen terpenting & sangat mempengaruhi kualitas gambar. Sensor inilah yang bertugas untuk menangkap cahaya dari lensa sehingga akhirnya bisa menghasilkan gambar. Perlu juga Sobat sekalian perhatikan adalah ukuran sensor & kualitas sensornya. Sayang sekali untuk mengetahui kualitas sensor yang digunakan hampir tidak mungkin bagi orang awam, jadi yang bisa digunakan sebagai patokan hanyalah ukuran sensornya.
Semakin besar ukuran sensor akan semakin bagus kualitas gambarnya. Oh iya Sobat Sensor adalah salah satu bagian dari kamera yang harganya mahal, sehingga tentunya semakin besar ukuran sensornya akan semakin mahal kameranya.

2. Lensa
Jika kita membeli kamera DSLR (kamera yang lensanya bisa diganti-ganti), faktor lensa sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar. Lensa yang bagus akan beda sekali hasil dan performanya dengan lensa yang pas-passan. Tapi kalau Anda membeli kamera yang bukan DSLR (Digital Single Lens Reflector), baik kamera pocket ataupun kamera prosumer, faktor lensa ini boleh kita abaikan dan tidak perlu jadi bahan pertimbangan kita. Meskipun kamera tersebut menggunakan lensa Carl Zeiss, Leica, Schneider Kreuznach, dan lain sebagainya toh percuma saja karena produsen-produsen tersebut tetap harus menyesuaikan produknya dengan harga yang diminta.

Bila dilihat dari harga kamera yang berkisar antara 2-3 jutaan, maka besar untuk dipastikan produsen tadi hanya menggunakan lensa-lensa carl zeiss standar kebutuhan saja jadi bukan lensa dengan kualitas yang betul-betul top.

Lain halnya bila Anda menggunakan kamera DSLR. Saat Anda menggunakan lensa-lensa Leica atau Carl Zeiss, maka hasilnya akan meningkat secara signifikan tapi tentu saja Anda harus merogoh kocek yang jauh lebih besar. Sebagai contoh, kalau menggunakan kamera Canon, bisa diketahui harga lensa jenis Canon 50 mm F1.4 kurang lebih 3 jutaan, sedangkan harga lensa Leica 50 mm F1.4 kurang lebih 30 juta.

3. Focal Length dan Zoom
Sebetulnya faktor ini adalah bagian dari lensa, tapi untuk bisa lebih fokus saat Anda memilih kamera-kamera pocket, maka dirasa faktor ini lebih baik bila dibahas terpisah. Focal Length inilah yang menentukan sudut pandang dari suatu lensa dan juga menentukan seberapa jauh suatu objek bisa kita dekatkan.

Satuan dari Focal length ini adalah mm. Misalnya 28-105 mm. Perlu diingat semakin Kecil angkanya, semakin lebar sudut pandangnya dan semakin jauh objeknya, semakin besar angkanya, semakin sempit sudut pandangnya dan semakin dekat objeknya.


OK Sobat segini dulu ya info dari saya semoga bermanfaat...

*dari berbagai sumber

0 comments:

Posting Komentar